Monday, February 8, 2016

Komunikasi Kelompok dan Komunikasi Organisasi


KOMUNIKASI KELOMPOK


Dikemukakan oleh Littlejohn dan Foss, bahwa kita mungkin tidak menyadari bahwa kita menghabiskan banyak waktu kita melakukan komunikasi dalam kelompok, tetapi sebenarnya kelompok juga membentuk struktur waktu kita. Komunikasi kelompok mampu menyedot energi kita, tetapi juga memberikan energi padakita. Komunikasi kelompok terkadang membosankan, tetapi juga menciptakan keceriaan dan kesenangan. Komunikasi kelompok terkadang membatasi gerak kita, tetapi juga membentuk arah masa depan serta membuka peluang dalam hidup kita.


Hal yang paling penting dalam kelompok tidaklah terletak pada berapa banyak anggota mengatakan sesuatu, tetapi bagaimana mereka memberikan respons atau tanggapan diantara mereka. Kelompok tidak bisa mengisolasi dirinya, kelompok merupakan bagian dari sistem yang lebih besar. Anggota kelompok dapat datang dan pergi silih berganti, orang dapat menjadi anggota (afiliasi) dari beberapa kelompok, lingkungan akan terus berubah, dan kelompok terus menyesuaikan diri dengan perubahan ini.

Dalam suatu kelompok, pengalaman anggota yang berafiliasi dengan kelompok lainnya, memengaruhi apa yang akan dilakukan atau apa yang akan dikatakannya dalam kelompok itu. Peran setiap anggota kelompok juga akan merubah ketika anggota lama pergi dan anggota baru masuk.

Peran hanyalah salah satu bagian dari salah satu struktur kelompok. Kelompok memiliki bentuk dan kita dapat melihat bentuk ini melalui pola-pola interaksi yang terjadi sepanjang waktu. Struktur kekuasaan juga terbentuk melalui pola-pola interaksi. Jika anggota lama pergi dan anggota baru masuk, maka struktur kekuasaan dapat berubah, bahkan terkadang secara dramatis.


ANALISIS PROSES INTERAKSI

Robert Bales menyusun teori mengenai komunikasi kelompok kecil untuk menjelaskan mengenai jenis jenis pesan yang saling di pertukarkan orang dalam kelompok, bagaimana pesan-pesan itu membentuk peran dan kepribadian anggota kelompok, dan bagaimana pesan tersebut mempengaruhi katrakter atau sifat kelompok secara keseluruhan.

Bales menyatakan terdapat 12 jenis pesan dalam komunikasi kelompok yang dapat disederhanakan menjadi empat kelompok yaitu : tindakan positif, jawaban, pertanyaan, dan tindakan negatif. Jenis-jenis perilaku dalam kotak bersifat berpasangan, dan setiap pasangan perilaku memilikki wilayah masalah tertentu bagi kelompok bersangkutan.

Menurut Bales, analisis proses interaksi terdiri atas enam kategori yaitu :
1.      Jika masing-masing anggota kelompok tidak saling memberikan cukup informasi, maka kelompok bersangkutan akan mengalami “masalah komunikasi”.
2.      Jika masing-masing anggota kelompok tidak saling memberikan pendapat maka kelompok bersangkutan akan mengalami “masalah evaluasi”.
3.      Jika masing-masing anggota kelompok tidak saling bertanya dan memberikan saran, maka kelompok akan mengalami “masalah pengawasan”.
4.      Jika masing-masing kelompok tidak bisa mencapai kesepakatan maka mereka akan mendapaatkan “masalah keputusan”.
5.      Jika tidak terdapat cukup dramatisasi maka akan muncul “masalah ketegangan”
6.      Jika anggota kelompok tidak ramah dan bersahabat maka akan terdapat “masalah reintegrasi”, yang berarti keolmpok itu tidak mampu membangun kembali suatu “perasaan kita” atau kesatuan (cohesiveness) dalam kelompok bersangkutan.

Kategori “dramatisasi” berperan penting dalam teori ini. Dramatisasi berarti melepas ketegangan dengan cara menyampaikan cerita dan membagi pengalaman dengan orang lain. Cerita dan pengalaman tidak perlu selalu berhubungan secara langsung dengan tugas kelompok yang bersangkutan.

Teori Bales mencakup dua kelompok atau dua kelas perilaku komunikasi umum. Perilaku pertama disebut dengan “sosioemosional” yang di wakili oleh tindakan-tindakan seperti “tampak bersahabat”, menunjukan ketegangan dan “dramatisasi”. Kategori kedua adalah “perilaku pekerjaan” yang diwakili oleh “saran”, “pendapat” dan “informasi”.

KOMUNIKASI ORGANISASI

Komunikasi organisasi adalah pengiriman (sending) dan penerimaan (receiving) berbagai pesan organisasi di dalam kelompok di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi. Bila organisasi semakin besar dan kompleks maka akan mengakibatkan semakin kompleks pula proses komunikasinya. Organisasi yang masih kecil, yang anggotanya hanya berjumlah tiga orang atau kurang dari lima, proses komunikasi yang berlangsung relatif sederhana dan masih bersifat langsung mengarah ke setiap anggota organisasi.

Organisasi dibentuk melalui komunikasi ketika individu di dalamnya saling berinteraksi satu sama lain untuk mencapaai tujuan individu dan tujuan bersama. Proses komunikasi yang terjasi dalam organisasi menghasilkan berbagai hal seperti hubungan kewenangan, terciptanya peran, adanya jaringan komunikasi, dan iklim organisasi.

Lima aspek yang dapat menjelaskan ruang lingkup organisasi:
1.      Organisasi diciptakan melalui komunikasi.
2.      Kegiatan organisasi berfungsi untuk mencapai tujuan individu dan tujuan bersama.
3.      Kegiatan komunikasi dalam organisasi menciptaka pola-pola yang memengaruhi kehidupan organisasi.
4.      Proses komunikasi menciptakan karakter dan budaya organisasi.
5.      Pola kekuasaan dan pengawasan dalam komunikasi organisasai menghilangkan dan menciptakan hambatan.

Komunikasi lebih dari sekedar instrumen untuk mencapai tujuan personal dan tujuan organisasi. Kapanpun kita berkomunikasi maka kita membuat sesuatu, dan komunikasi mendorong kita untuk memberikan perhatian terhadap apa yang kita ciptakan dengan cara bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain dalam organisasi.

Seluruh interaksi dalam organisasi memberikan kontribuasi bagi bangunan budaya organisasi. Bagaimana berbagai kelompok jaringan dalam organisasi dapat dibuat menjadi lebih manusiawi dan tidak eksklusif. Ini mengarahkan kita kepada gerakan demokrasi, teori demokrasi organisasi meminta adanya dialog, partisipasi dan penghargaan terhadap konflik sebagai cara mendorong kehidupan organisasi yang melibakan setiap orang.


DAFTAR PUSTAKA

Morissan,2013.Teori Komunikasi Individu Hingga Massa.Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group.Jakarta.

0 comments:

Post a Comment